Selamat Jalan Henri Michel - Hanya Sepakbola Berita terupdate

Hanya Sepakbola Berita terupdate yang selalu dicari dan di update

Rabu, 25 April 2018

Selamat Jalan Henri Michel

Selamat Jalan Henri Michel

Hanya Sepakbola -  Mantan gelandang yang juga eks pelatih asal Perancis, Henri Michel, meninggal dunia pada usia 70 tahun. Demikian ungkap French Player’s Union, Selasa (24/4) waktu setempat.


Selama 30 tahun karir manajerialnya, Henri Michel pernah melatih delapan tim nasional, termasuk Timnas Prancis, Kamerun, Maroko dan Timnas Pantai Gading yang berlaga di Piala Dunia.

Henri Michel juga pernah bekerja untuk tujuh klub, termasuk raksasa Prancis PSG dan beberapa tim terkemuka di Afrika, seperti tim asal Mesir, Zamalek, dan Raja Casablanca di Maroko.

Sedangkan sebagai pemain, Henri Michel pernah memimpin Nantes meraih tiga gelar juara Ligue 1 dan memenangkan 58 pertandingan bersama Timnas Prancis.

Michel kemudian pensiun sebagai pemain pada tahun 1982, dan memulai karir kepelatihannya, termasuk mengambil alih posisi pelatih di Timnas U-21 Perancis.

Dua tahun kemudian, ia ditunjuk sebagai pelatih kepala tim senior dan sukses membawa mereka meraih medali emas di Olimpiade 1984 di Los Angeles.

Dia juga memimpin Les Bleus ke tempat ketiga di Piala Dunia Meksiko. Sayangnya, era Michel bersama Prancis berakhir tidak menyenangkan, karena timnya gagal lolos ke Piala Eropa 1988.

Setelah meninggalkan Les Bleus, ia pun mengasuh PSG, sebelum memulai karir kepelatihannya di Afrika. Michel kemudian sukses membawa skuad asuhannya ke tiga Piala Dunia berikutnya, yakni bersama Timnas Kamerun pada 1994, Maroko pada 1998 dan Pantai Gading pada 2006.

Henri Michel terakhir kali menjadi arsitek klub bersama Timnas Kenya pada tahun 2012 silam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar